Kamis, 09 Februari 2012

…..dari inspirasi hingga konfirmasi…..

Mengenal Lioni melalui pertemuan diberbagai komunitas seni-budaya di Bandung, Kappaletta* – singing telegram yang dibentuknya bersama teman-teman dan perbincangan pertama dan kedua kali dengannya di Warung Pasta dan Dalem Wangi, saya mencoba menelusuri cara Lioni yang unik dalam berkomunikasi, menarik perhatian dan menyentuh perasaan.

‘ I miss you ‘ adalah teks yang tertuang dalam image pertama, yang dikirimkan Leoni pada sosok yang khusus baginya melalui email, setelah cintanya ditolak dan kebutuhan akan sarana untuk mengekspresikan ke’galauan’ rasa menemukan ruangnya.

Secara konsisten dan yakin ia kemudian bercengkrama 
dengan sosok yang menginspirasinya memasuki proses ini
dengan rasa, yang terstimulir kuat dan membuatnya berada pada fase ‘AHA’ * dan mencari ruang untuk penyaluran.
dengan proses kreatif, yang membantunya melalui tahapan acak  sistem tubuh dan dunia rasa hingga berstruktur, berbentuk dan menemukan makna.
dengan semua obyek, yang menemaninya melewati ruang dan waktu
dengan kamera, yang merekam moment of truth
dan dengan teman-teman yang ia temui diperjalanan proses, yang kemudian secara kreatif pula membantunya mengkonstruksi pameran.

Perjalanan visual Lioni tumbuh dari minggu ke minggu dalam rangkaian gambar yang saling berkaitan sebagai cerita maupun gambar lepas.  Menarik adalah ketika dalam beberapa minggu ia berkonsentrasi pada tragedi kecelakaan Rex yang berakibat kematian,  rasa duka teman-teman Rex pada upacara penguburan, makam Rex, serta ‘kebangkitan’, yang barangkali bukan hanya sebuah narasi visual, tapi seperti yang sering terjadi dalam proses kreatif, merupakan rangkaian upaya memerdekakan diri dari perasaan-perasaan yang mengungkung dan membiarkan kreatifitas dan imajinasi bebas menjadi penuntun.

Di penghujung pameran, ‘ Have you been receiving my mails’ mengakhiri rangkaian image yang ditampilkan, yang bagi saya bukan sekedar mempersoalkan apakah berita tersampaikan pada sosok yang menginspirasinya, akan tetapi merupakan suatu bentuk konfirmasi pada kita semua, mengenai lapisan kesadaran Lioni yang diungkap lewat gagasan, sensibilitas rasa, tanda, kedalaman makna yang ia komunikasikan dengan lugas, unik dan penuh keisengan.

Marintan Siraitvisual & performing artist,
Founder & facilitator of Jendela Ide and Project #


* Kappaletta adalah jasa telegram bernyanyi yang dibentuk oleh Lioni dan teman-temannya. Menyatakan perasaan kepada seseorang melalui lagu.
* AHA merupakan momen ditemukannya embrio gagasan dalam proses kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar