Kamis, 09 Februari 2012

Entah disadarinya atau tidak, Lioni adalah Rex.

Lioni adalah pribadi yang senantiasa riuh dan menularkan kegembiraan pada orangorang di sekitarnya. Bahkan saat masalah tampak begitu kompleks, Lioni adalah teman yang berani dan selalu berusaha menolong, dalam hal apa pun.

Rex dalam fotofoto ini adalah perumpamaan diri Lioni. Senang bertualang, bepergian ke berbagai tempat, berfoto, mengapresiasi keindahan dan berbagi dengan temantemannya. Baik itu berbagi komedi mau pun tragedi.

Warnawarna dalam fotofoto Rex memperlihatkan suasana hati yang sendu dan cenderung sedih walau pun kisah Rex dalam foto tidak selalu miris. Ini seperti Lioni yang merasakan rindu dan patah hati walau pun berada di tengahtengah dunia sekitarnya.

Lioni tidak pernah menyembunyikan apa yang dia rasakan. Namun bukannya bersembunyi dan menutup diri, ia tetap menjadi bagian dari sekitarnya. Ibaratnya seperti warna primer dalam suatu gambar. Sesuatu yang tampak jelas. Bagi seseorang yang kreatif seperti Lioni, karya adalah hal yang bisa diharapkan datang darinya, khususnya di saat ia merasakan emosi yang lebih dari biasa. Ah, cinta. Sebesar atau kecil apa pun itu, selalu ada jejak dan cerita yang tertinggal darinya.

Sebagai bagian dari salah satu etnis yang dikenal keras, bagaimana pun galak atau liar tampaknya di luar, Lioni secara tidak sadar memunculkan sisi relijius dirinya lewat cara yang tidak biasa, bahkan mungkin tidak secara nyata. 

Pilihan Lioni (atau kebetulan) yang jatuh pada hari Rabu mengingatkan saya akan Rabu Abu, di mana biasanya umat Kristiani mempersiapkan Paskah. Tidak ada kebahagiaan tanpa kesedihan. Tidak ada keselamatan tanpa pengorbanan. Ilustrasi ini muncul dalam beberapa foto Rex. Ada kematian, suasana berkabung, dan kebangkitan.

Lucunya lagi, rex artinya raja dalam bahasa Latin. Ketika disalib, tulisan di atas kepala Yesus berbunyi INRI yang merupakan singkatan dari Iesus Nazarenvs, Rex Ivdaeorvm. 
Raja yang baik adalah raja yang rela berkorban untuk umatnya. 

Rex bertangan pendek. Tangan yang pendek mungkin tidak bisa banyak mengangkut barang berat. Namun tangan yang pendek bisa menjangkau hati dan pundak orang yang berada di sebelah dirinya.

Yang mengulurkan tangan biasanya adalah tangan kecil yang meminta pertolongan. Namun sepanjang saya mengenal Lioni, ia selalu mengulurkan tangan sebelum saya meminta bantuan.


Olivia Kristina
Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar